Study Abroad

“One’s destination is never a place but a new way of seeing things.” - Henry Miller

Melanjutkan studi ke luar negeri merupakan salah satu impian saya. Mungkin beberapa dari kalian juga berpikir untuk melanjutkan ke luar negeri. Beberapa destinasi yang menjadi impian saya untuk melanjutkan studi adalah Australia, Inggris dan Jepang.

Saat ini sudah tersedia banyak beasiswa yang ditawarkan oleh pemerintah baik dalam negeri maupun luar negeri untuk melanjutkan studi ke luar negeri. Dengan adanya beasiswa kita diharapkan mampu menyerap berbagai ilmu untuk membangun bangsa kita menjadi lebih baik.

Di bawah ini ada beberapa referensi serta link bagi kalian yang sedang mencari beasiswa untuk melanjutkan studi ke luar negeri.

  • LPDP
Bagi lulusan S1 yang ingin melanjutkan studi baik di dalam maupun luar negeri, beasiswa ini adalah salah satu beasiswa yang populer di Indonesia. Selain karena menarkan beasiswa penuh, LPDP juga membuka pendaftarannya sepanjang tahun dengan periode seleksi sebanyak 4 kali. LPDP sendiri  merupakan singkatan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan. Mulai tahun 2013 melalui lembaga ini, Kementrian Keuangan Republik Indonesia mengoptimalkan pemanfaatan Dana Pengembangan Pendidikan  Nasional (DNPP) dalam bentuk beasiswa. 
LPDP mempunyai beberapa bidang ilmu yang menjadi prioritas:
1. Teknik
2. Sains
3. Pertanian
4. Akuntansi dan Keuangan
5. Hukum
6. Agama


  • Chevening
Bagi yang berminat melanjutkan studi di Inggris, pemerintah Inggris menyediakan beasiswa yang bernama Chevening. Chevening merupakan program beasiswa dari pemerintah Inggris melalui pendanaan  Foreign and Commonwealth Office (FCO) dan organisasi mitra. Beasiswa ini menyediakan kesempatan untuk calon pemimpin masa depan, penggerak, dan pengambil keputusan dari seluruh dunia untuk berkembang secara profesional dan akademik, memperluas networking, belajar tentang kultur Inggris dan membangun hubungan positif jangka panjang dengan Inggris.
Pelamar beasiswa ini bisa memilih bidang keilmuan apa saja, tetapi bidang keilmuan yang lebih diutamakan adalah:
1. Climate change
2. Economics
3. Energi
4. Finance
5. Foreign Policy
6. Governance
7. Public Sector Management
8. Science
9. Technology


  • Monbukagakusho
Tertarik dengan anime? Keindahan alam Jepang? Atau kultur Jepang? Monbukagakusho bisa menjadi pilihan yang tepat bagi yang ingin melanjutkan studi ke Jepang. Monbukagakusho adalah beasiswa penuh yang diberikan oleh pemerintah Jepang melalui kedutaan masing-masing negara. Beberapa jenis beasiswa yang ditawarkan adalah undergraduate university students, research students, college of technology students, Japanese studies students, teacher training students
  

  • Australia Award Scholarship
Australia Award Scholarship (AAS) yang dulunya bernama Australia Development Scholarship (ADS) merupakan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah Australia yang dikelola oleh Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia (DFAT). Tidak seperti beasiswa lainnya, nilai IELTS sebagai syarat yang diminta oleh AAS adalah 5.0 untuk master dan untuk PhD 6.0 (beasiswa lain biasanya memiliki syarat IELTS 6.5). ini karena AAS akan memberikan Pre departure training (jika lolos seleksi) sebelum berangkat ke Australia. Di sanalah kita akan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris serta belajar tentang kultur Australia. Saya sendiri sekarang sedang menunggu pengumuman seleksi berkas beasiswa AAS ini.
Untuk Indonesia sendiri bidang yang menjadi prioritas adalah
1. Sustainable Growth and Economic Management
2. Democracy Justice and Good Governance
3. Investing in People
4. Safety and Peace



Semoga postingan ini bermanfaat.
Feel free to ask! :)

6 komentar:

  1. Sayang gua baca info ini nya telat 4 tahun. Sekarang udah dapet beasiswa dari China dan udah S2 di sana hehehe. Semoga postingan ini bisa membantu mereka-mereka yg tertarik untuk sekolah di luar negeri. Cuma masalahnya, bidang studi yg diprioritaskannya sedikit ya, di China lebih banyak, bahkan termasuk bidang seni budaya seperti bahasa, musik, serta art & design juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya baru tahu kalo di China bidang studi yang jadi prioritas lebih banyak. Ini bisa jadi referensi tambahan untuk saya.

      Hapus
  2. tsakeup infonya, dulu aku pengen masuk ke APU *agak lupa juga nama singkatannya* tapi makin kesini makin males ah kuliah lagi *ditabok*

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya postingan ada biar bikin kembali semangat :))

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.